Tips Dasar Dalam Membeli Mobil

Tips Dasar Dalam Membeli Mobil

Seiring dengan meningkatnya penghasilan, akan terlintas keinginan untuk membeli mobil bagi sebagian besar orang. Mobil sudah beralih dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan sekunder untuk membantu menunjang gaya hidup baik untuk jalan-jalan keluarga, mengantarkan anak ke sekolah ataupun sebagai angkutan ke tempat kerja. Seringkali dalam memilih mobil, seseorang akan memilih model yang cukup bagus dan dengan harga yang murah. Namun banyak faktor lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pada mobil dengan harga murah sering tidak dilengkapi dengan fitur yang cukup, bahkan terkadang standar keamanan sedikit diabaikan.

Penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan dasar tentang mobil tersebut.

Hal pertama adalah mobil jenis apakah yang Anda butuhkan. Apakah itu mobil keluarga yang berkapasitas 7 penumpang ataukah mobil kecil berkapasitas 5 penumpang. Selain itu kita juga perlu memiliki pengetahuan dasar tentang mobil sebelum membeli mobil tersebut. Tidak perlu kita mempelajari segala hal tentang mobil tersebut, cukup untuk pengetahuan dasar tentang kelistrikan mobil, letak komponen penting seperti radiator, aki, ataupun ban.

tips-membeli-mobil

Pertimbangkan kembali harga jual

Ada dua tipe pengguna mobil, yaitu tipe yang menggunakan mobil yang sama untuk jangka waktu lama dan tipe yang mengganti mobil dengan model baru setelah beberapa tahun. Tidak ada salahnya kita melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu akan harga jual kembali. Jangan sampai kita kecewa pada saat akan menjual kembali mobil.

Pertimbangkan fitur kendaraan, biaya perawatan dan kemudahan dalam perawatan

Jangan lupa untuk mencari tahu tentang fitur yang dimiliki mobil tersebut terutama fitur kenyamanan berkendara dan keselamatan seperti airbag. Pada saat sudah memiliki mobil tentunya kita harus melakukan perawatan agar performa mobil tetap awet. Penting untuk mengetahui perkiraan biaya perawatan mobil, adanya akses untuk bengkel resmi dan spareparts. Apabila ada dana lebih, pertimbangkan juga untuk membeli paket perawatan mobil pada awal pembelian. Hal ini bertujuan agar biaya perawatan lebih terjangkau ke depannya.

Tetapkan anggaran dan dana minimum 30 persen dari harga mobil

Tentunya pada saat akan membeli mobil, kita harus sudah siap dana yang akan digunakan baik pembelian dengan cash ataupun kredit. Apabila menggunakan cash, jangan lupa siapkan dana cadangan untuk pengeluaran tak terduga. Jangan sampai seluruh tabungan dihabiskan untuk pembayaran mobil. Hal yang sama juga berlaku untuk pembelian kredit. Umumnya untuk total DP awal pembayaran kredit adalah 20% dari harga mobil. Tidak ada salahnya kita menyiapkan dana sebesar 30% dari harga mobil sehingga apabila 20% dibayarkan untuk DP masih ada cadangan dana sebesar 10% untuk keperluan lainnya. Selain itu jangan lupa mencari tahu besarnya Pajak Penjualan dan juga pajak tahunannya.

Lakukan test drive untuk membandingkan performa mobil

Jangan ragu untuk meminta test drive apabila Anda masih ragu dalam memilih mobil. Hal ini sering dilewatkan oleh calon pembeli karena terlalu terburu-buru dalam memilih mobil yang murah. Dengan adanya test drive, calon pembeli akan lebih tahu fitur dan performa mobil saat dikendarai baik fitur keamanan dan kenyamanan kendaraan.

Itulah sedikit tips dalam membeli mobil, diharapkan tips ini dapat membantu dalam menentukan pilihan. Tentunya dalam hal-hal tersebut, mobil Honda sudah memenuhi segala kriteria baik harga yang kompetitif, harga jual kembali, perawatan yang murah dan mudah dijangkau serta fitur yang lengkap.

Facebookmail